Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen di Indonesia dalam pembelian sepatu olahraga kemudian menentukan strategi yang tepat bagi pengusaha sepatu olahraga lokal untuk dapat bersaing di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan survey menggunakan google form maupun pembagian secara langsung. Dari survey, didapatkan data sejumlah 133 responden. Hasil penelitian menujukkan bahwa karakteristik konsumen tidak memengaruhi preferensi konsumen dalam pemilihan brand sepatu olahraga. Konsumen memilih sepatu olahraga berdasarkan satu faktor utama yaitu kualitas. Oleh karena itu dilakukan segmentasi berdasarkan fungsi dari produk kemudian dilakukan Porter’s Five Forces Analysis untuk menganalisa segmentasi mana yang lebih menarik bagi pengusaha sepatu olahraga lokal. Hasilnya, segmentasi yang menarik bagi brand sepatu olahraga adalah segmen produk dengan harga murah kualitas tinggi. Berdasarkan segmentasi ini, maka dipilih strategi yang paling tepat untuk bersaing yaitu strategi fokus dengan menempatkan diri sebagai sepatu olahraga lokal yang fokus pada olahraga tertentu, dijual dengan harga murah, dan memiliki kualitas yang baik.