Abstract:
Pendidikan merupakan hal yang pokok di dalam kehidupan setiap manusia.
Melalui pendidikan setiap manusia dibentuk untuk menjadi manusia-manusia
yang berkompeten dalam iman, ilmu dan moral. Untuk itu, baik negara maupun
Gereja memiliki konsen yang sama dalam memajukan mutu pendidikan bagi suatu
negara berdasarkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya, secara khusus nilainilai
kristiani. Berbagai perumusan yang dilakukan oleh Gereja dan negara
memiliki arah dan perhatian yang sama, yakni pada usaha pembentukan karakter
para peserta didik. Usaha pembentukan karakter ini harus selaras dengan nilainilai
kristiani, terutama di sekolah-sekolah Katolik. Nilai-nilai kristiani ini dapat
ditanamkan dan dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya, yaitu melalui
mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) dan Budi Pekerti Kurikulum
2013 yang menjadi topik kajian penulisan ini. Melalui mata pelajaran ini dan
dengan metode penyampaian yang tepat, diharapkan nilai-nilai kristiani dapat
ditanamkan dan dikembangkan di dalam pribadi para peserta didik agar usaha
pembentukan karakter sebagaimana yang menjadi arah pendidikan yang
diinginkan Gereja dan negara dapat terlaksana. Dengan demikian, terciptalah
generasi-generasi muda yang sungguh-sungguh menjunjung tinggi persatuan dan
kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan nilai-nilai kristiani.