Abstract:
Penulis melaksanakan kegiatan Tugas Akhir di perusahaan Own Games. Perusahaan Own Games
adalah perusahaan yang berfokus di bidang game khususnya di perangkat seluler. Perusahaan
Own Games sudah menerbitkan lebih dari 10 permainan, salah satunya adalah Own Coffee Shop.
Selama kegiatan tugas akhir, penulis bekerja sebagai programmer yang mengembangkan ulang
permainan Own Coffee Shop dengan menggunakan Own Engine V2.
Tujuan pengembangan ulang Own Coffee Shop agar dapat dimainkan di perangkat seluler
dengan sistem operasi iOS, meningkatkan kinerja, dan memperhalus permainan Own Coffee Shop.
Untuk meningkatkan kinerja Own Coffee Shop, pengembangan dibangun menggunakan bahasa
pemrogramanan C++. Pengembangan Own Coffee Shop dibangun dengan menggunakan konsep
pemrograman berorientasi objek. Untuk mendukung pemrograman berorientasi objek, maka
penulis menerapkan pola desain builder dan pola desain singleton. Penulis menggunakan konsep
callback dan ekpresi lambda untuk mendukung interaksi antara permainan dengan pemain.
Konsep callback digunakan agar suatu objek dapat mengetahui kegiatan yang harus dilakukan
ketika pemain memberi masukan.