dc.contributor.advisor |
Abednego, Luciana |
|
dc.contributor.author |
Hermana, Fedrian |
|
dc.date.accessioned |
2019-08-23T02:11:09Z |
|
dc.date.available |
2019-08-23T02:11:09Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.other |
skp37304 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/8991 |
|
dc.description |
1557 - FTIS |
en_US |
dc.description.abstract |
Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika.
Memahami cara suatu modul algoritma untuk menjalankan aksinya merupakan kemampuan/kecakapan
penting yang harus dipahami dan dikuasai karena proses tersebut sangat dibutuhkan
pada saat menganalisa, membangun dan mendokumentasikan perangkat lunak. Masalah yang
dihadapi saat ini adalah mempelajari sebuah algoritma bukanlah hal yang mudah. Masalah
tersebut muncul karena biasanya suatu algoritma disajikan ke dalam bentuk notasi matematika
atau kalimat-kalimat logika yang sulit untuk dimengerti oleh orang yang akan menggunakannya.
Pada skripsi ini dibangun sebuah perangkat lunak yang menampilkan visualisasi algoritma.
Algoritma yang dipilih untuk divisualisasi adalah Algoritma Dijkstra. Perangkat lunak yang
dibuat memodelkan masalah dalam memilih rute terpedek ketika mereka melakukan perpindahan
dari suatu tempat ke tempat lain dengan bantuan konsep graf. Dengan menggunakan perangkat
lunak tersebut, pengguna dapat belajar bagaimana cara Algoritma Dijkstra bekerja. Perangkat
lunak dirancang sedemikian rupa agar penggunanya dapat dengan mudah mempelajari algoritma
tersebut dan mereka dapat menggunakan algoritma tersebut sebagai alat bantu mereka
kedepannya dalam mencari rute terpedek.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, penggunaan visualisasi sebuah algoritma dapat
membantu orang dalam mempelajari sebuah algoritma baru. Pengujian terhadap responden
yang mempelajari Algoritma Dijkstra tanpa menggunakan perangkat lunak rata-rata melakukan
kesalahan 1,933 kali sedangkan responden yang mempelajari Algoritma Dijkstra dengan bantuan
perangkat lunak rata-rata melakukan kesalahan 0,533 kali. Dengan adanya gambar-gambar dan
animasi dapat menarik perhatian lebih orang sehingga proses pembelajaran dapat lebih mudah. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Algoritma |
en_US |
dc.subject |
Visualisasi |
en_US |
dc.subject |
Graf |
en_US |
dc.subject |
Algoritma Dijkstra |
en_US |
dc.subject |
Rute Terpedek |
en_US |
dc.subject |
Metode Pembelajaran |
en_US |
dc.title |
Pembangunan perangkat lunak media pembelajaran interaktif untuk Algoritma Dijkstra |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2014730008 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0410038101 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI618#Teknik Informatika |
|