Abstract:
Informasi adalah hal yang sangat mudah menyebar khususnya pada era digital.Namun, ada
informasi yang bersifat rahasia. Salah satu teknik keamanan yang dapat menjaga kerahasiaan
sebuah informasi adalah steganografi. Steganografi adalah seni menyembunyikan informasi ke
dalam sebuah media sehingga keberadaan dari suatu informasi tidak dapat diketahui. Media
tersebut dapat berupa gambar, audio, video, dan lain-lain. Media yang digunakan pada skripsi
ini adalah gambar. Terdapat beberapa metode dalam steganografi dengan menggunakan media
gambar. Salah satu metode tersebut adalah Least Significant Bit. Penyembunyiannya dilakukan
dengan cara menyisipkan pesan rahasia pada bit terakhir di setiap channel warna dari gambar.
Metode ini dianggap sangat sederhana dan kurang aman sehingga dapat diserang dengan mudah.
Oleh karena itu, terdapat metode lain yang merupakan pengembangan dari metode Least
Significant Bit yaitu Algoritma Triple A.
Pada skripsi ini, dibangun sebuah perangkat lunak yang dapat mengimplementasikan steganografi
dengan metode Least Significant Bit dan Algoritma Triple A. Berdasarkan hasil pengujian
yang dilakukan, perangkat lunak yang dibangun dapat mengimplementasikan steganografi dengan
metode Least Significant Bit dan Algoritma Triple A. Kualitas gambar yang dihasilkan juga
berbeda, tergantung dari kapasitas setiap metode dan panjangnya pesan rahasia yang disisipkan.