Abstract:
Sudoku adalah jenis permainan logika yang bertujuan untuk mengisi angka 1 hingga 9 dalam
suatu kotak ukuran 9 × 9. Kotak ini memiliki 9 sub-kotak dengan ukuran 3 × 3 sel. Permainan
ini memiliki syarat dan ketentuan: tidak ada angka yang berulang di setiap baris, kolom atau
sub-kotak.
Banyak metode yang dapat digunakan dalam menyelesaikan Sudoku. Satu pendekatan untuk
menyelesaikan Sudoku yang diusulkan oleh Nugraheni et.al. adalah untuk memodelkan Sudoku
sebagai sebuah Block World Problem (BWP). BWP adalah masalah mengubah pengaturan satu
set kotak dari pengaturan awal menjadi pengaturan baru oleh sejumlah robot. BWP dapat
dilihat sebgai sebuah Sistem Multi-Agen, dimana agen adalah robot yang bertugas mengubah
pengaturan kotak.
Skripsi ini bertujuan untuk membangun sebuah solver atau perangkat lunak yang bisa
digunakan untuk memecahkan teka- teki Sudoku. Solver ini dikembangan dengan mengikuti
pendekatan yang diusulkan oleh Nugraheni et.al. yaitu pemodelan Sudoku sebagai BWP. Dalam
mengimplementasikan solver, implementasi kerangka kerja JASON yang mendukung Sistem
Multi-Agen digunakan. Solver telah berhasil dibuat dan telah diuji secara fungsional. Dari
eksperimen yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa jumlah sel kosong dan tingkat
teka-teki Sudoku memiliki efek pada waktu yang dibutuhkan dan jumlah komunikasi antara
agen untuk memecahkan teka- teki Sudoku.