dc.description.abstract |
Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan
akhir pendidikan akademisnya. Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis
suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya [1]. Skripsi memiliki proses pengelolaan yang
berbeda-beda antara satu universitas dengan yang lain. Proses penyusunan Skripsi pada Program
Studi Teknik Informatika di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) dibagi menjadi 2, yaitu
Skripsi 1 dan Skripsi 2. Skripsi 1 merupakan tahap awal penyusunan skripsi yang berisi dasar
teori, analisis dan proses perancangan perangkat lunak. Skripsi 2 merupakan tahap akhir dalam
penyusunan skripsi yang berisi hasil akhir perangkat lunak atau karya ilmiah sesuai dengan
perancangan perangkat lunak pada Skripsi 1.
Sistem pengelolaan Skripsi 1 pada Program Studi Teknik Informatika di UNPAR masih
bersifat manual. Hal-hal yang dikelola secara manual adalah pengajuan topik skripsi, pengambilan
topik skripsi, proses bimbingan, pengajuan review dan pelaksanaan review. Hal-hal manual
tersebut menimbulkan permasalahan dalam sistem pengelolaan skripsi 1 ini, seperti penggunaan
kertas yang terlalu banyak untuk mencetak form pendaftaran pengajuan topik skripsi baik oleh
dosen maupun oleh mahasiswa, permasalahan melihat daftar topik skripsi yang masih diberikan
oleh koordinator secara manual dengan email, permasalahan pencatatan daftar mahasiswa dalam
pengambilan topik masih dicatat oleh calon dosen pembimbing secara manual, dan penilaian nilai
tahapan dan nilai review masih dicatat secara manual oleh dosen pembimbing dan koordinator
skripsi.
Pada Skripsi ini, telah dibuat sebuah perangkat lunak bebasis web yang dapat mengelola
permasalahan diatas. Perangkat lunak telah dibuat dengan bantuan framework BlueTape.
BlueTape adalah aplikasi berbasis web untuk membuat urusan-urusan paper-based khususnya di
Fakultas Teknologi Informasi dan Sains UNPAR menjadi paperless.
Hasil perangkat lunak diuji dengan cara melakukan pengujian fungsional berdasarkan aksi
dari pengguna aplikasi, reaksi yang diharapkan, dan hasil reaksi perangkat lunak. |
en_US |