Abstract:
Kemacetan saat ini sudah menjadi hal yang sering dijumpai di kota-kota besar di Indonesia, tak
terkecuali di kota Bandung. Salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya kemacetan
ialah minimnya penggunaan transportasi umum, salah satunya ialah bus DAMRI. Merujuk
pada negara-negara maju, seperti Jepang, ketepatan waktu keberangkatan transportasi umum
menjadi cukup krusial dalam upaya menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan
transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Sehingga pada skripsi ini dibuat sebuah
pemodelan penjadwalan bus DAMRI di kota Bandung dengan menggunakan teori Aljabar Max-
Plus. Dalam pengkajiannya, dipilih dua rute bus DAMRI di kota Bandung, yaitu Dipatiukur -
Leuwi Panjang dan Ledeng - Leuwi Panjang. Kedua rute itu ditransformasi ke dalam sebuah graf
berarah dan kemudian dimodelkan untuk didesain penjadwalannya dengan Aljabar Max-Plus.
Dari model tersebut, ditentukan nilai eigen dan vektor eigen Aljabar Max-Plus dengan bantuan
aplikasi Scilab 5.3.3 dan Max-Plus Toolbox Algebra. Diperoleh nilai eigen yaitu 3.7492308 yang
merepresentasikan periode (dalam menit) keberangkatan tiap titik pemberhentian/halte dan
vektor eigen yang menjadi waktu awal keberangkatan bus DAMRI di kota Bandung.