Abstract:
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar
terhadap perekonomian suatu negara. Maka dari itu, setiap negara berlomba-lomba melakukan upaya diplomasi publik untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke negaranya dan menjadikan negaranya sebagai destinasi wisata. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan media film dan mempromosikan lokasi-lokasi yang terdapat pada film tersebut.Inggris tengah memanfaatkan keberhasilan serial film Harry Potter yang secara tidak sengaja meningkatkan pariwisata Inggris secara pesat. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana upaya-upaya Inggris memajukan sektor pariwisata dengan memanfaatkan serial film Harry Potter yang sangat mendunia. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penulis menggunakan teori diplomasi multijalur dan product placement yang kemudian berkembang menjadi place placement. Menurut teori diplomasi multijalur, Inggris
memanfaatkan kombinasi dari tiga jalur diplomasi yaitu pemerintah, bisnis, dan media dalam upaya-upayanya. Hal ini dilakukan dengan mempromosikan lokasi-lokasi pengambilan gambar serial film Harry Potter yang dilakukan di wilayah Inggris.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rekomendasi bagi negara lainnya dikarenakan adanya kemungkinan bahwa upaya-upaya Inggris ini dapat direplikasi dan diterapkan terutama bagi negara berkembang.