Abstract:
Manual Desain Perkerasan Jalan adalah salah satu metode untuk perencanaan perkerasan jalan baru, dan rehabilitasi perkerasan lentur dan kaku di Indonesia. Dalam metode ini, terdapat Bagan Desain untuk membantu perencanaan desain perkerasan. Bagan desain untuk perkerasan lentur dengan Cement Treated (bahan bersemen) ditunjukan pada Bagan Desain - 3. Manual Desain Perkerasan Jalan sendiri mengacu pada metode Austroads. Metode ini dibuat dan digunakan khusus untuk kondisi di Australia. Dengan adanya keterbatasan dalam penggunaan metode Austroads, maka dilakukan evaluasi Bagan Desain – 3 tersebut. Penyesuaian yang dilakukan yaitu pada faktor temperatur. Perhitungan umur perkerasan diperoleh dari nilai regangan kritis perkerasan dengan bantuan program KENPAVE.Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa Bagan Desain – 3 tidak dapat diterima. Karena dengan tebal perkerasan dan modulus tertentu seharunya umur perkerasan yang didapat adalah satu nilai tertentu, sedanngkan Bagan Desain – 3 memberikan angka kisaran sebagai umur perkerasannya. Selain itu, nilai umur perkerasan yang didapat dari hasil perhitungan pun menyimpang cukup jauh.