Kontribusi industri film dalam sekot pariwisata : studi kasus film serial Game of Thrones terhadap peningkatan pariwisata Irlandia Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Anugrah, Raikhanza Maghfirah
dc.date.accessioned 2019-08-06T07:48:47Z
dc.date.available 2019-08-06T07:48:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37094
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8673
dc.description 8498 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pariwisata adalah sektor yang memiliki peranan penting dalam peningkatan sektor ekonomi suatu negara. Hal tersebut membuat negara melakukan promosi pariwisatanya kepada pasar global. Media film dapat dijadikan sebagai salah satu media yang dapat mempromosikan pariwisata suatu negara. Penggunaan film untuk melakukan promosi pariwisata menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Kontribusi Industri Film dalam Sektor Pariwisata : Studi Kasus Film Serial Game of Thrones terhadap Peningkatan Pariwisata Irlandia Utara” dengan tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu “Bagaimana Kontribusi film serial Game of Thrones sebagai sarana promosi pariwisata Irlandia Utara dalam mengatasi penurunan sektor pariwisata?”. Dalam mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan berbagai konsep yaitu konsep film tourism, teori promosi, dan juga teori destination image. Konsep-konsep tersebut didampingi dengan beberapa konsep-konsep lain untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode berbasis dokumen yaitu secondary documents yang berasal dari jurnal ataupun buku dan juga metode berbasis internet yang menjadi informasi pendukung seperti memanfaatkan situs web resmi pemerintah dan juga situs web berita untuk mendapatkan data yang lengkap. Dan studi kasus yang memfokuskan terhadap suatu fenomena yang menjadi satu kasus yang spesifik yang sumber informasinya terdapat berbagai macam. Berdasarkan hasil penelitian, pemerintah Irlandia Utara menggunakan konsep product placement untuk mempromosikan destinasi wisata nya dalam film serial Game of Thrones. Dengan menjadikan tempat yang memiliki keindahan alam di negara tersebut dijadikan sebagai latar belakang di beberapa scene di film serial tersebut. Dan juga pemerintah Irlandia Utara melakukan kerjasama bersama Republik Irlandia untuk mempromosikan wilayah pariwisata mereka sebagai satu wilayah kepulauan Irlandia yang termasuk ke dalam perjanjian Good Friday Agreements. Mereka juga bekerjasama dalam melakukan kampanye-kampanye untuk mencap negara Irlandia Utara sebagai Game of Thrones Territory. Strategi tersebut berdampak terhadap perekonomian lokal Irlandia Utara dan juga meningkatkan kedatangan wisatawan ke negara tersebut. Penelitian ini membahas Low Political Issues yang menjadi bahasan studi Hubungan Internasional dalam perkembangan dunia internasional. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media komunikasi, ekonomi pariwisata dan juga adanya Global Collaboration diantara pemerintah ke pemerintah dan juga pemerintah ke perusahaan multinasional. Dan juga dapat menjadi rekomendasi strategi untuk negara-negara lain yang ingin meningkatkan sektor pariwisatanya dengan memanfaatkan media film. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Irlandia Utara en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Game of Thrones en_US
dc.subject Film Tourism en_US
dc.title Kontribusi industri film dalam sekot pariwisata : studi kasus film serial Game of Thrones terhadap peningkatan pariwisata Irlandia Utara en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013330100
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account