Kontribusi program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UKM di Indonesia : studi kasus program UKM Bogasari

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sudira, I Nyoman
dc.contributor.author Christofer, Otniel
dc.date.accessioned 2019-08-05T05:05:40Z
dc.date.available 2019-08-05T05:05:40Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other tes1957
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8635
dc.description.abstract Pemberdayaan UKM merupakan salah satu strategi dari Pemerintah Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Sektor ini memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk memberdayakan sektor UKM, Pemerintah Indonesia memiliki beberapa program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Dana Bergulir KEMENKOPUKM, Gerakan Kewirausahaan Nasional, UKM Go Online, dan Pajak UKM 0,5%. Namun, pelaksanaan dari program-program tersebut belum dapat memberikan hasil yang maksimal dikarenakan oleh keterbatasan dari program-program ini yang belum mencakup aspek untuk mengelola dan mengembangkan bisnis dari para pelaku UKM. Oleh karena itu diperlukan partisipasi dari aktor lain yang memiliki pengalamanan dalam mengelola bisnis untuk membimbing para pelaku UKM mencapai hal tersebut. Salah satu aktor di Indonesia yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk melalui program CSR-nya yaitu Program UKM Bogasari. Pertanyaan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: "Bagaimana Kontribusi dari Program UKM Bogasari dalam Memberdayakan UKM di Indonesia?". Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan stakeholders theory dan konsep kemiskinan, development assistance, program CSR, serta konsep pemberdayaan dalam bentuk kemitraan. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa Program UKM Bogasari berkontribusi melalui pemberian manfaat bagi para pelaku UKM yang berpartisipasi dalam program seperti pelatihan secara berkala, perluasan akses pasar, fasilitas asuransi, koneksi bisnis dengan lembaga pendanaan. Selain itu penulis juga menemukan bahwa Program UKM Bogasari juga berkontribusi dalam mengisi keterbatasan program Pemerintah yaitu dalam aspek mengelola dan mengembangkan bisnis. Kontribusi dalam aspek ini adalah dalam hal manajemen keuangan, peningkatan citra merk atau branding, dan peningkatan kualitas produk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Pengentasan kemiskinan di Indonesia en_US
dc.subject UKM en_US
dc.subject pemberdayaan UKM di Indonesia en_US
dc.subject kontribusi en_US
dc.subject Program UKM Bogasari en_US
dc.title Kontribusi program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UKM di Indonesia : studi kasus program UKM Bogasari en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016891013
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423116701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI809#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account