Abstract:
Dalam era globalisasi ini, peran media kian meningkat tiap tahunnya dan
dari banyaknya fungsi media tersebut, negara bisa mengambil sebuah kesempatan
untuk melakukan sebuah hubungan diplomasi melalui media. Sebuah hubungan
diplomasi dengan menggunakan media sebagai alatnya menjadi sangat efektif
mengingat pengaruh media yang semakin terasa. Penelitian ini berupaya untuk
menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimanakah Youn's Kitchen
mendukung diplomasi budaya antara Korea Selatan dan Indonesia. Penelitian ini
menggunakan Diplomasi Budaya sebagai teori utamanya. Diplomasi Budaya
sendiri memiliki tujuan untuk mempromosikan komunikasi lintas budaya dimana
media dalam hal ini turut serta ikut memberikan pengetahuan dan pemahaman
mengenai budaya dari sebuah negara kepada publik yang pada akhirnya
menghasilkan sebuah hubungan baik dengan publik dari negara lain. Korea
Selatan yang terkenal sebagai negara yang sangat kaya akan soft power-nya,
seringkali mengupayakan diplomasi budaya ini melalui media, contohnya adalah
program televisi Youn's Kitchen. Youn's Kitchen merupakan sebuah media yang
berasal dari Korea Selatan yang digunakan sebagai alat dalam mempromosikan
budaya Korea Selatan. Namun ternyata hasil dari diplomasi budaya Korea Selatan
tersebut menghasilkan sebuah efek menguntungkan bagi Indonesia yang menjadi
lokasi syuting Youn's Kitchen ini Youn's Kitchen pada akhirnya membentuk
sebuah hubungan menguntungkan yang terjadi pada kedua negara.