dc.contributor.advisor |
Apresian, Stanislaus Risadi |
|
dc.contributor.author |
Gunawan, Elita Jeni Megahati |
|
dc.date.accessioned |
2019-08-03T03:00:19Z |
|
dc.date.available |
2019-08-03T03:00:19Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.other |
skp37099 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/8568 |
|
dc.description |
8503 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Budaya mengonsumsi kopi telah berkembang sejak tahun 1800-an hingga sekarang dan menciptakan Waves of Coffee Culture yang terdiri atas tiga gelombang, yakni First Wave Coffee Culture, Second Wave Coffee Culture, dan Third Wave Coffee Culture dengan ciri khasnya masing-masing. Ketiga gelombang tersebut juga muncul di Indonesia, termasuk Third Wave Coffee Culture yang menyebabkan permintaan terhadap kopi Indonesia secara domestik mengalami peningkatan dan turut memengaruhi industri kopi Indonesia. Tulisan ini meneliti mengenai perkembangan industri kopi Indonesia pada tahun 2010 - 2017 berdasarkan empat atribut Diamond of National Advantage milik Michael Porter. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Demand Conditions merupakan atribut yang paling kuat karena merupakan faktor utama yang terpengaruh langsung oleh Third Wave Coffee Culture, sementara Factor Conditions menjadi atribut yang paling lemah dalam industri kopi Indonesia disebabkan oleh permasalahan dalam sumber daya manusia dan kelembagaannya. Kedua atribut lainnya, yaitu Related and Supporting Industries dinilai memiliki potensi untuk menjadi atribut yang kuat di kemudian hari. Sementara Firm Strategy, Structures, and Rivalry dinilai tidak kuat maupun tidak lemah karena masih butuh beberapa tahun lagi untuk memperkuat klaster bisnis kopi di Indonesia. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Kopi Indonesia |
en_US |
dc.subject |
Third Wave Coffee Culture |
en_US |
dc.subject |
specialty coffee |
en_US |
dc.subject |
Waves of Coffee Culture |
en_US |
dc.title |
Industri kopi Indonesia dan Third Wave Coffee Culture |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2014330038 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0409048801 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|