Abstract:
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali sumber
daya air. Namun permasalahannya adalah kurangnya pengelolaan air secara
bertanggung jawab sehingga sumber air semakin terbatas dan semakin langka.
Melalui penelitian ini, penulis mencoba menjelaskan mengenai implementasi dari
program Corporate Social Responsibility (CSR) “WASH” Danone Aqua di
Kabupaten Bogor tahun 2014-2017. Dalam melakukan penelitian ini, penulis
menggunakan teori Pluralisme, teori Perusahaan Multinasional (PMN) dan teori
3P (People, Profit, Planet) serta empat prinsip dasar CSR. Danone Aqua
merupakan salah satu dari perusahaan multinasional yang telah melakukan
berbagai kegiatan CSR di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kabupaten
Bogor, Jawa Barat. Penulis memilih Kabupaten Bogor sebagai objek dari
pengimplementasian program CSR “WASH” Danone Aqua karena sebagian
penduduk Kabupaten Bogor masih kesulitan dalam mengakses air bersih. Dari
penelitian ini, fakta menunjukan bahwa program CSR yang dijalankan oleh
Danone Aqua di Kabupaten Bogor tahun 2014-2017 berfokus pada dua
pembangunan, yaitu pembangunan fisik dan pembangunan mental.