Abstract:
Penelitian ini berfokus pada implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT. Allianz Life Indonesia dalam upaya memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) penyandang disabilitas di Provinsi Yogyakarta pada tahun 2016-2017. Penelitian ini mendeskripsikan secara terperinci upaya yang dilakukan PT. Allianz Life Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM melalui pembukaan akses keuangan dan kemitraan yang terdiri dari berbagai aktivitas seperti Training on Trainers, Training on Community, dan kompetisi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan salah satu perspektif dalam Hubungan Internasional yaitu Pluralisme. Selain itu, penulis juga menggunakan konsep-konsep yang berkaitan dengan topik penulisan seperti Multinational Corporations (MNC), CSR, dan Community Involvement. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer maupun sekunder. Peneliti melakukan studi kepustakaan baik melalui literatur, jurnal, dokumen, maupun sumber-sumber resmi yang tersedia di internet untuk mendapatkan data sekunder. Sedangkan untuk mendapatkan data primer, peneliti melakukan wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait dengan program Economic Empowerment for Entrepreneurs with Disability (EMPOWERED).
Dengan segala permasalahan yang ada, implementasi CSR PT. Allianz Life Indonesia dalam program EMPOWERED telah memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM penyandang disabilitas di Provinsi Yogyakarta.