Abstract:
Perubahan iklim merupakan suatu permasalahan yang bersifat global dimana dampak dari permasalahan tersebut akan dirasakan secara global dan menjadi ancaman nyata bagi seluruh negara dan juga menjadi ancaman bagi semua mahluk hidup di dunia. Manusia dinilai menjadi pihak yang paling bertanggung jawab dan juga menjadi faktor utama terjadinya permasalahan perubahan iklim disamping fatkor-faktor alam. Permasalahan perubahan iklim telah berkembang menjadi isu global yang membutuhkan peran serta dari berbagai aktor dalam hubungan internasional termasuk aktor individu. Pertanyaan riset dari skripsi ini adalah “Apakah upaya Leonardo DiCaprio dalam mengkampanyekan isu perubahan iklim?”
Penelitian ini menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Leonardo DiCaprio dalam mengkampanyekan isu perubahan iklim kepada masyarakat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik studi dokumen yang bersumber dari situs-situs internet, laporan resmi, makalah dan jurnal ilmiah. Teori-teori yang digunakan oleh penulis sebagai acuan dalam mengerjakan penelitian ini adalah teori liberalisme sosiologis, teori komunikasi massa, teori kampanye, dan media massa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan upaya-upaya Leonardo DiCaprio dalam mengkampanyekan isu perubahan iklim dengan tujuan memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai permasalahan perubahan iklim melalui kampanye menggunakan media film, aksi kunjungan ke beberapa negara yang terkena dampak dari peubahan iklim, melakukan pidato menyoroti isu perubahan iklim pada acara Academy Awards 2016, dan melakukan kampanye melalui media digital dan media sosial. Dari penelitian ini upaya kampanye melalui pidato pada acara Academy Awards 2016 dinilai oleh penulis sebagai upaya yang paling potensial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu perubahan iklim.