Abstract:
Hollywood memiliki hubungan perdagangan yang menarik dengan Cina. Untuk Hollywood, Tiongkok
adalah pasar potensial terbesar yang telah melampaui pasar Amerika Utara sebagai pasar terbesar di
dunia dalam konteks produksi dan konsumsi film. Tiongkok di sisi lain begitu saja membuka diri
terhadap Hollywood dan mengambil kebijakan terukur untuk mempertahankan kepentingan mereka.
Penelitian ini ingin menyelami hubungan mereka dan mengeksplorasi bagaimana Tiongkok
memanfaatkan ambisi ekspor Hollywood untuk tidak hanya melindungi industri domestik mereka tetapi
juga mendapatkan keuntungan dari kesepakatan keseluruhan. Untuk melakukannya, penelitian akan
mencoba untuk menjawab pertanyaan "Bagaimana Tiongkok Memanfaatkan upaya ekspor Hollywood
untuk mendukung kepentingan mereka?". Menggunakan perspektif neo-mercantilis seperti yang
dijelaskan oleh Michael Veseth dan David N. Balaam, penelitian telah melihat bahwa Cina memainkan
permainan dengan alat neo-mercantilis dalam manuver kesepakatan: kebijakan proteksionis.
Kebijakan proteksionis itu sendiri, seperti yang dijelaskan oleh Paolo Guerrieri dan Pier Carlo. Di sisi
lain, merujuk Soft Power oleh Joseph Nye, Negara diyakini memiliki hal-hal yang dapat menarik pihak
lain untuk berkolaborasi di luar penggunaan kekuatan keras seperti kekuatan militer. Dalam bagian
analisis, penelitian akan lebih condong ke tipe kualitatif yang mencoba menawarkan penjelasan
melalui metode penelitian dokumen dengan memeriksa publikasi, undang-undang, artikel dan lain-lain
yang terkait dengan topik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tiongkok telah berhasil baik dalam
melindungi industri domestik mereka melalui kebijakan proteksionis, dan kemudian perlahan melalui
pengaruh dan persuasi memanfaatkan tuntutan ekspor Hollywood untuk secara positif menggambarkan
Tiongkok di dunia internasional dan juga membantu mereka menumbuhkan industri film domestik
mereka dengan mempromosikan kerjasam dengan studio Hollywood. Ini dapat dilihat dalam peran
Tiongkok sebagai pasar yang paling menguntungkan di dunia untuk Hollywood, kesediaan Hollywood
untuk memasukkan unsur-unsur Tiongkok dalam produk mereka. tiongkok juga berhasil melindungi
industri domestik mereka sebagaimana dibuktikan oleh posisi mereka di box office teratas dan
penjualan tiket setiap tahun sejak 2014.