Upaya KEMENPAR RI dalam mempromosikan branding "Wonderful Indonesia" sebagai upaya Nation Branding melalui pemanfaatan media digital di Kawasan Asia Tenggara (2014-2017)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indraswari, Ratih
dc.contributor.author Ausarina, Anindita
dc.date.accessioned 2019-08-01T09:46:05Z
dc.date.available 2019-08-01T09:46:05Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37087
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8403
dc.description 8491 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dalam upaya meningkatkan perekonomian, pariwisata menjadi salah satu sektor yang diandalkan Indonesia. Hal tersebut dilihat dari besarnya peran pariwisata dalam peningkatan PDB ditinjau dari besarnya angka masuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Indonesia. Kawasan Asia Tenggara menjadi penyumbang wisatawan mancanegara terbesar ke Indonesia dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand sebagai tiga negara yang mengungguli angka wisatawan mancanegara tersebut. Dalam upaya terus meningkatkan angka pariwisata, salah satu strategi promosi yang terus digencarkan oleh Kementerian Pariwisata RI (KEMENPAR) dibawah kepemerintahan Presiden Joko Widodo adalah branding pariwisata “Wonderful Indonesia”. Branding tersebut dipromosikan oleh KEMENPAR RI khususnya melalui platform media seperti televisi. Namun seiring waktu, promosi melalui media televisi tidak lagi efektif karena besarnya pengaruh era digital dalam gaya hidup masyarakat. Oleh sebab itu, penelitian ini mengangkat pertanyaan “Apa sajakah upaya yang dilakukan oleh KEMENPAR RI khususnya dalam pemanfaatan media digital dalam mempromosikan branding „Wonderful Indonesia‟ di kawasan Asia Tenggara tahun 2014-2017?”. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan teori Soft Power, teori pariwisata, media digital & media sosial, serta konsep dari branding itu sendiri. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi dokumen dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa KEMENPAR RI juga telah memanfaatkan media digital sebaik-baiknya dalam mempromosikan branding “Wonderful Indonesia”. KEMENPAR RI telah menggunakan segala platform media yang merupakan bagian media digital. Upaya tersebut juga dilakukan untuk mengimplementasikan strategi lanjutan nation branding Indonesia untuk meningkatkan citra Indonesia di mata internasional serta mengoptimalkan hubungan internasional dengan negara lain. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject KEMENPAR RI en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Branding en_US
dc.subject Media Digital en_US
dc.subject Asia Tenggara en_US
dc.title Upaya KEMENPAR RI dalam mempromosikan branding "Wonderful Indonesia" sebagai upaya Nation Branding melalui pemanfaatan media digital di Kawasan Asia Tenggara (2014-2017) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330152
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account