Abstract:
Setiap terbentuknya organisasi regional selalu memiliki tujuan untuk meningkatkan negara- negara wilayahnya, terlebih khusus dalam aspek perdagangan. Namun tidak dengan ASEAN, setelah terbentuknya perjanjian AFTA, dengan harapan untuk meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN, yang terjadi ialah sebaliknya,bahwa perdagangan eksternal masih lebih besar dibandingkan dengan perdagangan antar negara- negara anggota ASEAN. Peneliti mendeskripsikan keunggulan dari kerjasama APT (ASEAN Plus Three) dalam meningkatkan perdagangan Asia Tengara. Peneliti menemukan ada dua faktor keunggulan APT dalam perdagangan dengan negara anggota ASEAN. Pertama negara- negara anggota dan negara mitra lebih berkomitmen untuk membangun dan mendukung rezim perdagangan negara anggota ASEAN dan negara eksternal (Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan). Faktor keunggulan yang kedua adalah dikarenakanya barang- barang komplimenter yang diproduksi oleh ketiga mitra tersebut, masuknya ketiga negara mitra ASEAN menjadi keuntungan bagi perdagangan anggota ASEAN.