Abstract:
Invasi AS ke Irak pada Maret 2003 tidak menerima dukungan dari PBB, sebagai Negara demokrasi opini publik atas kebijakan yang diambil oleh Negara merupakan faktor yang penting. Dunia yang telah mengalami revolusi teknologi informasi dan komunikasi telah merubah peran media baru menjadi semakin penting terutama dalam pembentukan opini publik. Dalam skripsi ini penulis memilih media baru CNN untuk menjawab pertanyaan penelitian “Bagaimana pemberitaan CNN dalam kolom War Tracker di rubik War in Iraq CNN.com pada 19 Maret 2003 hingga 1 Mei 2003 mendukung invasi AS ke Irak di tahun 2003 secara internasional?” Penulis menggunakan metode analisa wacana Van Dijk, metode kualitatif dan konsep proses agenda setting media untuk menjawab pertanyaan penelitian. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa pemberitaan yang dilakukan oleh CNN dalam kolom War Tracker di rubik War in Iraq CNN.com memberikan dukungan secara internasional pada invasi AS ke Irak dengan menjalankan peran media sebagai mass mediated communication dalam hubungan internasional serta melakukan agenda setting dan komunikasi internasional untuk mempengaruhi opini publik internasional akan invasi AS ke Irak.