dc.description.abstract |
PT Akal Interaktif merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
pengembang game edukasi untuk anak-anak dan anak usia dini. Saat ini, PT Akal Interaktif tengah mengerjakan sebuah proyek pembuatan permainan edukatif anak usia dini yang bernama Cerita Komik Akal. Game ini merupakan permainan pertama yang dibuat oleh PT Akal Interaktif yang dikemas dalam bentuk komik. Tingginya persaingan dalam bisnis game membuat PT Akal Interaktif harus dapat menciptakan game berkualitas yang mampu bersaing di pasar. Oleh karena itu sebelum release ke pasar dibutuhkan evaluasi ulang user interface game Cerita Komik Akal. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi game Cerita Komik Akal, membuat rekomendasi dan perancangan ulang game berdasarkan evaluasi awal, dan mengevaluasi rancangan ulang game.
Evaluasi game Cerita Komik Akal saat ini dilakukan terhadap 10 orang anak berusia 3-5 tahun dengan menggunakan metode usability testing dan eye tracking analysis. Pengukuran usability testing dengan menetapkan tiga buah kriteria yaitu efektivitas, learnability, dan satisfaction. Hasil eye tracking dianalisis menggunakan metode gazeplot. Evaluasi rancangan ulang dilakukan terhadap 10 orang anak 3-5 tahun pada dua kelompok user yang berbeda dengan menggunakan metode usability testing dan evaluasi heuristik. Evaluasi dilakukan pada dua buah game yang ada pada game
Cerita Komik Akal, yaitu Komik Interaktif, dan Kumpul Benda.
Dari hasil evaluasi awal didapatkan sebelas buah usability problems. Dari usability problems yang didapatkan, dibuatlah rekomendasi perbaikannya lalu beberapa rekomendasi dibuat ke dalam rancangan ulang game berupa low-fidelity prototype. Hasil evaluasi rancangan ulang memberikan peningkatan dalam user interface pada ketiga
kriteria. Peningkatan pesat terjadi pada kriteria efektivitas untuk game Komik Interaktif dari yang semula 40% kini menjadi 87%, dan pada game Kumpul Benda yang semula 43% kini menjadi 88%. Berdasarkan salah satu kompetensi pada learnability, user interface pada rancangan ulang game mampu meningkatkan jumlah user yang paham mengenai cerita pada Komik Interaktif sebanyak 70%. Rancangan ulang pun dapat meningkatkan satisfaction user, dari semula 67% kini menjadi 83%. Hasil dari eye tracking analysis salah satunya adalah dengan ditemukan recognition yang rendah pada beberapa ikon yang ada saat ini. Sedangkan hasil evaluasi heuristik adalah, penambahan ikon speaker pada narasi cerita agar audio dapat diputar ulang dengan mudah. Agar hasil penelitian lebih komprehensif, maka dilakukan pula perbaikan terhadap rancangan ulang. |
en_US |