Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja Pegawai di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
Kantor Cabang Bandung, yang ditinjau dari 2 variabel: yaitu Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kepuasan Kerja. Menurut Dennis W. Organ, OCB terdiri dari 5 dimensi:
Altruism, Conscientiousness, Sportmanship, Courtesy dan Civic Virtue. Sedangkan, Kepuasan Kerja dibagi menjadi 2 dimensi yang terdiri dari 20 indikator menurut Weiss, Dawis, England and Lofquist, yaitu:
Kepuasan Intrinsik (Activity, Independence, Variety, Social Status, Moral Value, Security, Social Service, Authority, Ability Utilization, Responsibility, Creativity, and Achievement) dan Kepuasan Ekstrinsik
(Supervision – Human Relation, Supervision – Technical, Company, Compensation, Advancement, Working Conditions, Coworkers, and Recognition).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian desain korelasional kuantitatif dengan menguji hubungan-hubungan antar fenomena atau dua variabel atau lebih didalam satu lingkaran tertentu.
Dalam penelitian ini untuk memperkuat analisis, peneliti menggunakan populasi yang akan digunakan sebagai data sejumlah 104 pegawai PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bandung.
Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) digunakan sebagai kuesioner untuk mengukur Kepuasan Kerja dan untuk meningkatkan kualitas penelitian,
dilakukan wawancara terhadap 38 pegawai PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bandung.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bandung berada dalam kategori tinggi dan untuk Kepuasan Kerja berada dalam kategori tinggi.
Adapun, korelasi antara Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja menunjukan adanya hubungan yang Agak Lemah sebesar 0,336.