Analisis pembentukan layanan publik berbasis Co-Production dalam pengelolaan sampah kota (Urban Waste Management) di Cimahi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmawati, Tutik
dc.contributor.author Pratiwi, Juliani
dc.date.accessioned 2019-07-22T01:45:39Z
dc.date.available 2019-07-22T01:45:39Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37648
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8344
dc.description 8565 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan sampah kota di Cimahi dapat dibentuk sebagai pelayanan publik yang berbasis co-production. Penelitian ini mengunakan teori co-production yang berfokus pada empat faktor pembentuk layanan publik berbasis co-production yaitu, (1) motivasi masyarakat sebagai penyedia layanan publik (2) pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan layanan publik (3) partisipasi masyarakat dalam penyediaan layanan publik dan (4) layanan publik yang disediakan masyarakat memiliki outcome. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah mix methods yaitu dengan desain strategi eksploratoris sekuensial. Diawali dengan mengumpulkan data kualitatif kemudian mengumpulkan data kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terhadap pegawai Dinas Lingkungan Hidup, pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan petugas Bank Sampah Induk Kota Cimahi, dan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan sebanyak dua kali. Data-data tersebut dilengkapi dengan data-data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner yang dibagikan kepada 115 responden di seluruh wilayah kecamatan di Kota Cimahi yang terdiri dari tiga kecamatan yaitu, Cimahi Utaa, Cimahi Tengah, dan Cimahi Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan sampah di Kota Cimahi dapat dibentuk menjadi layanan berbasis co-poduction. Hal tersebut dibuktikan melalui temuan penelitian yang menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Kota Cimahi telah memenuhi keempat faktor pembentuk co-poduction, yaitu (1) motivasi masyarakat sebagai penyedia layanan publik (2) pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan layanan publik (3) partisipasi masyarakat dalam penyediaan layanan publik dan (4) layanan publik yang disediakan masyarakat memiliki outcome. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject pengelolaan sampah kota
dc.subject co-production,
dc.subject layanan publik
dc.subject bank sampah
dc.title Analisis pembentukan layanan publik berbasis Co-Production dalam pengelolaan sampah kota (Urban Waste Management) di Cimahi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015310003
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403037702
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account