Abstract:
Pariwisata merupakan sebuah isu baru pasca berakhirnya Perang Dingin dalam konteks Hubungan Internasional, dan semakin marak dengan berkembangnya era globalisasi dimana masyarakat dapat mengakses teknologi informasi dengan mudah mengenai tujuan wisata yang ingin dikunjungi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana upaya-upaya komunikasi internasional yang dilakukan Pemerintah Daerah NTB dalam meningkatkan sektor pariwisata di Lombok. Dalam penelitian ini akan digunakan pendekatan Pluralisme, teori komunikasi internasional, teori media sosial, teori promosi dan teori pariwisata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk meningkatkan pariwisata di Lombok, yang merupakan perumusan dari “Bagaimana upaya-upaya komunikasi internasional pemerintah NTB untuk meningkatkan pariwisata Lombok pada tahun 2013-2018?”
Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu teridentifikasinya beberapa upaya yang dilakukan pemerintah daerah NTB dan pihak swasta dalam meningkatkan pariwisata di Lombok. Upaya tersebut antara lain; promosi wisata melalui internet dan media sosial, promosi melalui media cetak dan elektronik, kerjasama melalui kunjungan dan pameran, dan melakukan promosi melalui event-event tahunan. Jadi, dalam penelitian ini dapat terlihat bahwa pemerintah daerah NTB dan pihak swasta telah bekerjasama dan berupaya dalam meningkatkan pariwisata di Lombok pada tahun 2013-2018.