Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PAUD Sanggar Cerdas Elina dalam melaksanakan kegiatan mereka dalam rangka mengembangkan pembangunan pendidikan anak usia dini. Upaya pengembangan ini dilakukan di Kelurahan Kedaung, Kota Tangerang Selatan. Dengan ini maka pertanyaan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana konteks yang melatarbelakangi PAUD Sanggar Cerdas Elina?
2. Apa saja input dalam program Anak Usia Dini yang diberikan oleh PAUD
Sanggar Cerdas Elina?
3. Bagaimana proses PAUD Sanggar Cerdas Elina dalam melaksanakan kegiatan?
4. Bagaimana output dari kegiatan PAUD Sanggar Cerdas Elina?
Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penulis menggunakan teori evaluasi program menurut Connel dan Kubis yang membahas mengenai konteks, input, kegiatan serta output dari suatu program. Lalu penulis juga menggunakan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin keempat yang membahas mengenai peningkatan pendidikan anak usia dini.
Melalui penelitian ini, penulis menemukan bahwa PAUD Sanggar Cerdas Elina mampu meningkatkan angka partisipasi kasar anak yang mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Jumlah murid PAUD Sanggar Cerdas Elina juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Program PAUD dirasa sangat berguna bagi anak - anak sebelum memasuki bangku sekolah dasar.