Abstract:
Penelitian berjudul “Analisa Nilai Penting-Kepuasan dan Indeks Kepuasan Pengguna Layanan Trans Metro Bandung (TMB): Koridor 3 Jurusan Cicaheum-Sarijadi Periode 2018” mengangkat masalah lalu lintas dan salah satu solusi dari Pemkot Bandung dengan penyelenggaraan TMB. Pemkot Bandung berharap TMB dapat menarik hati masyarakat agar menggunakan kendaraan umum, maka dilakukanlah pengukuran nilai penting dan kepuasan pengguna TMB.
Penelitian ini menggunakan importance-preformance analysis dan customer satisfaction index dengan menggunakan tiga belas indikator yang digunakan untuk mengukur kepuasan layanan transportasi publik di Kota Khulna, Bangladesh. Tiga belas indikator tersebut digunakan sebagai pertanyaan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Kuesioner disebar ke 150 responden pengguna layanan TMB. Data yang diperoleh merepresentasikan ekspetasi/harapan responden terhadap layanan TMB dan apa yang sebenarnya dirasakan oleh responden.
Hasil dari penelitian ini adalah kepuasan layanan yang dinyatakan puas, dan indikator-indikator yang perlu diprioritaskan, dipertahankan, atau dikurangi.