Abstract:
Penggunaan teknologi terus meningkat seiring dengan berkembangnya jaman. Teknologi hadir untuk membantu kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang paling umum digunakan adalah smartphone. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat pada smartphone, segala aktivitas manusia dapat terbantu secara signifikan. Salah satunya adalah aplikasi Didi milik PT Didi Teknologi Indonesia. Aplikasi ini hadir untuk membantu bisnis retail tradisional sektor penjualan barang kebutuhan sehari-hari (fast moving consumer goods). Aplikasi yang dirilis pada tahun 2017 silam ini belum beroperasi secara optimal. Sejumlah permasalahan terkait kemampupakaian aplikasi kerap muncul dan menyulitkan para penggunanya. Maka dari itu, dibutuhkan proses evaluasi untuk dapat meningkatkan tingkat kemampupakaian dari aplikasi Didi saat ini.
Metode usability testing digunakan untuk memperbaiki tingkat kemampupakaian aplikasi Didi. Metode ini dilakukan dengan melibatkan 13 orang responden untuk membantu mengidentifikasi masalah pada aplikasi Didi. Sebanyak 14 usability problems ditemukan dari aplikasi Didi saat ini. Sejumlah kriteria kemampupakaian seperti learnability, efficiency, dan effectiveness juga teridentifikasi dalam kategori yang buruk. Untuk itu, dilakukan proses perancangan ulang bagi aplikasi Didi dengan menggunakan metode delphi. Perbaikan direalisasikan dengan mengaplikasikan 12 rancangan solusi ke dalam bentuk high fidelity prototype.
Usability testing kembali dilakukan untuk mengecek keadaan aplikasi Didi rancangan usulan. Secara keseluruhan aplikasi Didi rancangan usulan telah memberikan hasil yang baik kepada seluruh aspek kemampupakaian yang diuji (Aspek usefulness telah mencapai skor 87,92%, aspek satisfaction 90,97%, aspek learnability dengan skor 88,67%, aspek efficiency dengan skor 71.88%, dan aspek effectiveness dengan skor 84,38%).