Abstract:
Di tengah maraknya perkembangan situs belanja online saat ini, Kawan Lama Group pada tahun 2016 secara resmi meluncurkan situs belanja online dengan nama ruparupa.com yang menjual berbagai keperluan rumah tangga yang dijual di gerai Ace Hardware. Akan tetapi, hingga saat ini nama ruparupa.com kurang dikenal oleh para penggiat belanja online, bahkan untuk konsumen yang sering melakukan pembelanjaan di gerai Ace Hardware sekalipun. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pemasaran melalui iklan untuk memperkenalkan layanan belanja online ruparupa.com ini. Adapun salah satu media iklan yang banyak digunakan saat ini adalah kantong belanja atau sering disebut dengan bagvertising. Ace Hardware diketahui menjadi salah satu perusahaan yang menggunakan metode bagvertising dengan mengiklankan website ruparupa.com pada kantong belanjanya.
Pemberian informasi pada kantong belanja berupa adanya website ruparupa.com saat ini kurang diperhatikan oleh konsumennya. Oleh karena itu, dilakukan penentuan posisi dan warna logo pada kantong belanja agar informasi mengenai ruparupa.com dapat diingat oleh orang yang melihatnya. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah recall rate. Oleh karena itu, perancangan dilakukan dengan fokus untuk meningkatkan recall rate informasi ruparupa.com pada kantong belanja. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner recall test dan juga metode eye tracking untuk mendapatkan data kuantitatif dari fiksasi yang dihasilkan. Melalui kuesioner recall test diperoleh recall rate informasi ruparupa.com yang merupakan persentase responden yang dapat mengingat adanya informasi tersebut pada kantong belanja. Sementara melalui eye tracking, diperoleh data berupa total durasi fiksasi dan heatmap yang memetakan pola gerakan mata ketika melihat stimulus yang diberikan.
Berdasarkan penelitian terhadap desain awal diperoleh recall rate informasi ruparupa.com hanya sebesar 10%. Kemudian dilakukan perancangan enam kombinasi desain usulan dengan mempertimbangkan faktor posisi peletakan informasi ruparupa.com dan warna yang meningkatkan recall rate informasi menjadi 43,9%. Adapun faktor yang terbukti berpengaruh hanyalah faktor posisi informasi. Dengan demikian, diperoleh usulan bahwa untuk meningkatkan recall rate informasi tentang ruparupa.com sebaiknya informasi tersebut diletakan pada area tengah dari sisi depan kantong belanja. Selain itu, recall rate juga menjadi lebih baik ketika warna yang digunakan sesuai dengan warna khas dari brand ruparupa.com itu sendiri.