Evaluasi dan usulan perbaikan aplikasi KAI Access menggunakan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nainggolan, Marihot
dc.contributor.author Iryanto, Fazzy Lazuardi
dc.date.accessioned 2019-04-11T01:26:59Z
dc.date.available 2019-04-11T01:26:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36760
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7786
dc.description 4745 - FTI en_US
dc.description.abstract Kemajuan teknologi internet dan perangkat lunak semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket transportasi secara online. Penggunaan teknologi dimasyarakat juga meningkat hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, peningkatan penggunaan internet juga berbanding lurus dengan penjualan tiket online di Indonesia. Selain penggunaan internet, terjadi juga peningkatan penggunaan aplikasi telepon genggam secara global termasuk juga di Indonesia. Kesempatan ini diambil PT Kereta Api Indonesia untuk meluncurkan aplikasi pemesanan tiket kereta api untuk meningkatkan pelayanannya kepada konsumen. Aplikasi KAI Access menjadikan sebuah pilihan untuk melakukan pemesanan tiket kereta api secara online melalui telepon genggam. Namun, masih banyak pengguna yang mengeluhkan dan memberikan nilai rendah pada aplikasi KAI Access. Dari pengambilan data yang telah dilakukan, masih banyak masalah usability yang ditemukan pada aplikasi KAI Access. Pada penelitian ini, dilakukan evaluasi dengan menggunakan usability testing untuk mencari masalah usability pada aplikasi. Terdapat lima ukuran yang digunakan dalam mengukur usability yaitu, effectiveness yang diukur dari penyelesaian tugas, efficiency diukur dari waktu penyelesaian tugas, usefulness melihat dari nilai skala dari kuesioner perceived usefulness, dan ukuran satisfaction serta learnability yang diukur melalui kuesioner System Usability Scale (SUS). Setelah melakukan evaluasi, maka akan dilakukan usulan perbaikan berdasarkan 14 buah usability problems yang ditemukan pada aplikasi KAI Access. Rancangan usulan perbaikan aplikasi KAI Access dibuat ke dalam bentuk high-fidelity prototype dengan bantuan software komputer. Dari hasil perancangan prototipe usulan perbaikan aplikasi KAI Access, tingkat effectivenes dari usulan perbaikan aplikasi KAI Access adalah sebesar 80%; tingkat efficiency rata-rata aplikasi sebesar 82%; nilai satisfaction rata-rata aplikasi sebesar 73; nilai learnability sebesar 80; dan tingkat usefulness dari protoripe aplikasi usulan adalah sebesar 81,43%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan usulan perbaikan aplikasi KAI Access menggunakan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610190
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412107501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account