Usulan sistem persediaan produk Office Furniture and Equipment di PT. X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Juwono, Cynthia Prithadevi
dc.contributor.author Adiputri, Aurea Hildani
dc.date.accessioned 2019-04-10T07:07:38Z
dc.date.available 2019-04-10T07:07:38Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36677
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7780
dc.description 4662 - FTI en_US
dc.description.abstract PT X merupakan sebuah perusahaan retail yang menjual cabinet, furniture, dan perlengkapan kantor lainnya di Jakarta dengan supplier pabrik di Solo. Pelanggan yang melakukan pemesanan kepada PT X perlu menunggu 1 minggu sampai dapat menerima pesanannya, atau minimal 2 bulan saat perusahaan tidak memiliki persediaan produk yang dipesan di gudangnya (stockout). Saat terjadi stockout, ada pelanggan yang bersedia menunggu sampai dapat menerima pesanannya sesuai waktu yang dijanjikan (backorder) dan ada juga yang membatalkan pesanannya (lost of sales). Perusahaan sendiri saat ini melakukan pemesanan berdasarkan intuisi. Oleh karena itu, PT X perlu mengetahui jumlah dan waktu melakukan pemesanan yang tepat sehingga dapat meminimasi stockout (backorder atau lost of sales) dengan biaya yang minimum. Terdapat empat produk yang akan ditentukan sistem persediaannya berdasarkan kontribusi yang tinggi terhadap penjualan perusahaan, yaitu small office cabinet, filing cabinet 4 laci, small drawer cabinet, dan big drawer cabinet. Pada penelitian ini, terdapat empat alternatif sistem persediaan yang dihitung, yaitu fixed order interval system dengan individual order dan joint order, serta fixed order size system untuk produk small office cabinet, filing cabinet 4 laci, dan small drawer cabinet; serta fixed order size system untuk produk big drawer cabinet. Berdasarkan beberapa alternatif usulan yang dibandingkan, alternatif yang dipilih adalah fixed order size system untuk keempat produk. Hasil sistem persediaan usulan adalah PT X melakukan pemesanan produk small office cabinet saat jumlah persediaan mencapai 73 unit dengan jumlah pemesanan 42 unit; produk filing cabinet 4 laci saat jumlah persediaan mencapai 68 unit dengan jumlah pemesanan 26 unit; produk small drawer cabinet saat jumlah persediaan mencapai 11 unit dengan jumlah pemesanan 29 unit; dan produk big drawer cabinet saat jumlah persediaan mencapai 7 unit dengan jumlah pemesanan 8 unit. Total biaya persediaan per tahun yang ditimbulkan dari sistem ini adalah Rp 108.571.835,65. Dengan sistem persediaan usulan, rata-rata jumlah stockout per tahun untuk produk small office cabinet 2,49 unit dengan peluang 0,066 selama lead time, untuk produk filing cabinet 4 laci 1,48 unit dengan peluang 0,04, dan untuk produk small drawer cabinet 0,87 unit dengan peluang 0,303; serta rata-rata jumlah persediaan produk big drawer cabinet menjadi sejumlah 5 unit. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan sistem persediaan produk Office Furniture and Equipment di PT. X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610034
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417016501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account