Perbaikan mutu layanan PT. USC menggunakan metode SERVQUAL dan IPA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitompul, Carles
dc.contributor.author Halomoan, Stefanus Adi
dc.date.accessioned 2019-03-30T03:59:59Z
dc.date.available 2019-03-30T03:59:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36691
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7755
dc.description 4676 - FTI en_US
dc.description.abstract Kebersihan merupakan hal yang penting di kehidupan kita. Di jaman sekarang ini terdapat beberapa perusahaan jasa pelayanan yang bergerak di bidang membersihkan area, tepatnya bidang outsourcing bagian cleaning service. Salah satu dari perusahaan jasa itu ialah PT. USC. Namun pelayanan jasa dari PT. USC kepada customernya perlu ditinjau lebih lanjut untuk mengetahui seberapa tinggi mutu layanan dari PT. USC kepada customernya. Oleh karena itu dilakukan pengukuran mutu layanan dengan metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis (IPA). Pengukuran mutu layanan diteliti dimulai dari penentuan atribut layanan yang dilakukan dengan proses studi literatur dan wawancara pendahuluan. Setelah atribut pelayanan ditentukan, dilakukan penyebaran kuesioner penelitian yang disebarkan kepada 12 building manager dari customer PT. USC, di bidang gedung office dan apartemen. Lalu metode SERVQUAL digunakan untuk mengukur mutu layanan berdasarkan kesenjangan antara skor persepsi customer dengan skor harapan customer terhadap atribut pelayanan yang diberikan PT. USC. Sedangkan metode IPA digunakan untuk menentukan atribut pelayanan apa saja yang menjadi prioritas perbaikan mutu layanan. Hasil perhitungan SERVQUAL menunjukkan dari 19 atribut pelayanan, terdapat 7 atribut pelayanan yang belum memenuhi harapan customer. Dan dari perhitungan IPA, terdapat 7 atribut yang masuk ke dalam kuadran I (concentrate these). 7 atribut tersebut merupakan atribut pelayanan yang menjadi atribut prioritas perbaikan. Dan 7 atribut tersebut yang memerlukan usulan perbaikan peneliti demi meningkatkan mutu layanan PT. USC. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perbaikan mutu layanan PT. USC menggunakan metode SERVQUAL dan IPA en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011610111
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409037701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account