dc.description.abstract |
Penggunaan smartphone telah merambah berbagai macam bidang, salah satunya adalah jasa transportasi darat. Cititrans merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi darat yang telah memanfaatkan smartphone dengan membuat aplikasi Cititrans Booking. Cititrans memiliki harapan agar terjadi peningkatan jumlah konsumen yang menggunakan aplikasi Cititrans Booking. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan penelusuran mengenai hal apa saja yang membuat konsumen mengadopsi suatu teknologi. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian agar dapat mengetahui hal apa saja yang memengaruhi niat konsumen dalam menggunakan aplikasi Cititrans Booking.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Perceived Characteristics of Innovating (PCI) dengan menambahkan variabel social influence. Model PCI ini sendiri terdiri 8 variabel, yakni Voluntariness of Use (VOU), Image (IM), Relative Advantage (RA), Compatibility (COM), Ease of Use (EOU), Result Demonstrability (RD), Visibility (VIS), dan Trialability (TRI). Dalam penelitian ini, variabel trialability tidak dimasukkan karena tidak adanya tahapan dalam melakukan uji coba aplikasi Cititrans Booking. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan kepada berbagai komunitas dan kalangan. Selanjutnya, dilakukan pengolahan data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLSSEM). Dengan menggunakan SEM, dilakukan pengujian model pengukuran dan model struktural. Model pengukuran dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel indikator terhadap variabel laten dan pengujian model struktural untuk menggambarkan hubungan antara variabel laten.
Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa variabel compatibility dan visibility memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention. Untuk menanggapi hal ini diberikan tiga buah saran. Saran pertama adalah melakukan promosi menggunakan media iklan. Iklan ini memiliki konten yang menunjukkan bahwa aplikasi Citirans Booking itu mudah dan praktis digunakan serta sesuai dengan gaya hidup modern yang sering menggunakan aplikasi di berbagai kegiatan sehari-hari. Iklan ini nantinya dapat dipublikasikan melalui media Youtube ads, Instagram ads, dan juga Facebook ads. Disarankan juga agar Cititrans membuat perlombaan membuat iklan untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan. Saran kedua adalah memberikan informasi singkat mengenai Cititrans Booking yang sesuai dengan gaya hidup modern pada saat konsumen melakukan penukaran tiket. Saran yang ketiga adalah membuat promo cashback 10% menggunakan media Instagram ataupun Facebook bagi para pengguna aplikasi Cititrans Booking dengan ketentuan mengunggah tiket perjalanan, menggunakan hash tag “Cititrans Booking 90%” dan “Tap, Book, and Go” kemudian mention kelima temannya dan juga akun resmi milik Cititrans. |
en_US |