Analisis dan desain sistem informasi perpajakan untuk transaksi e-commerce

Show simple item record

dc.contributor.author Setiawan, Amelia
dc.contributor.author Fettry E.M., Sylvia
dc.contributor.author Rahayu, Puji Astuti
dc.contributor.author Paramita, Monica
dc.date.accessioned 2019-03-05T06:31:26Z
dc.date.available 2019-03-05T06:31:26Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other lpdsc211
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7571
dc.description.abstract Indonesia sebagai negara yang mengalami pertumbuhan pengguna internet tertinggi di dunia, disusul oleh Negara Filipina, Meksiko, India, Thailand, Brasil, dan Arab Saudi (Kata Data News and Research. 2017). Kondisi tersebut telah dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan ekonomi. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku usaha adalah transaksi e-commerce. Dalam transaksi e-commerce terdapat empat jenis model transaksi, diantaranya: online marketplace, classified ads, daily deals, dan online retail (Surat Edaran No.06/PJ/2015). Apabila dilihat dari jenis model bisnis dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu B2B (Business to Business), B2C (Business to Consumers) dan C2C (Consumers to Consumers). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi aturan perpajakan yang dapat dihubungkan dengan transaksi e-commerce, 2) menganalisis aspek perpajakan pada transaksi e-commerce, 3) melakukan stakeholder analysis terhadap rekomendasi yang diberikan, dan 4) berdasarkan analisis manfaat dan biaya, menghasilkan rekomendasi sistem informasi atau rekomendasi regulasi terkait aspek perpajakan pada transaksi e-commerce. Tidak hanya Indonesia, tetapi sejumlah pemerintah di negara lain juga telah antusias mengenakan pajak terhadap transaksi e-commerce. Penelitian ini mengunakan metode analisis stakeholder untuk menentukan kepentingan siapa saja yang harus dipertimbangkan saat mengembangkan rekomendasi, berdasarkan analisis manfaat dan biaya menghasilkan rekomendasi sistem informasi terkait aspek perpajakan pada transaksi e-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain aturan perpajakan yang sudah ditetapkan juga terdapat kewajiban perpajakan yang sama antara wajib pajak yang bertransaksi e-commerce maupun wajib pajak yang bertransaksi konventional. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.relation.ispartofseries Research Report - Humanities and Social Science;2018
dc.subject PERPAJAKAN en_US
dc.subject E-COMMERCE en_US
dc.subject SISTEM INFORMASI - PERPAJAKAN en_US
dc.subject ANALISIS STAKEHOLDER en_US
dc.title Analisis dan desain sistem informasi perpajakan untuk transaksi e-commerce en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account