Abstract:
Permainan menghubungkan titik umum digunakan untuk membantu anak dalam belajar berhitung.
Pada permainan menghubungkan titik terdapat bagian soal dan garis bantuan. Bagian
soal terdiri atas titik dan angka. Dalam permainan ini, seorang anak ditugaskan untuk menghubungkan
titik-titik yang terdapat pada bagian soal secara berurutan sehingga membentuk
sebuah gambar. Soal permainan menghubungkan titik umumnya dibuat secara manual. Pada
skripsi ini akan dikembangkan sebuah perangkat lunak yang dapat membuat soal permainan
menghubungkan titik secara otomatis.
Masukan perangkat lunak merupakan gambar SVG. Scalable Vector Graphics (SVG) merupakan
gambar dua dimensi berbasis vektor yang didefinisikan dalam format Extensible Markup
Language (XML). Gambar SVG dapat dimodelkan menjadi sebuah graph dengan mengubah
elemen-elemen yang terdapat pada dokumen SVG menjadi bagian graph. Sebuah vertex pada
graph merepresentasikan sebuah titik pada soal permainan menghubungkan titik.
Sebuah vertex yang termasuk bagian soal permainan diberikan nomor urut penelusuran.
Algoritma Hierholzer berfungsi untuk menentukan euler path pada sebuah euler graph terhubung.
Algoritma tersebut diterapkan pada graph hasil pemodelan gambar SVG masukan untuk
menentukan nomor urut penelusuran setiap vertex yang termasuk bagian soal.
Perangkat lunak telah diuji fungsionalitasnya dengan menggunakan sejumlah kasus uji yang
dibuat secara manual. Soal yang dihasilkan perangkat lunak tidak selalu memiliki garis bantuan
yang minimal. Pengujian dengan cara mengerjakan soal permainan yang dihasilkan perangkat
lunak secara manual juga telah dilakukan.