Pembangkit teka-teki silang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Basuki, Thomas Anung
dc.contributor.author Rusli, Riki
dc.date.accessioned 2019-02-13T02:00:31Z
dc.date.available 2019-02-13T02:00:31Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36648
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7512
dc.description 1521 - FTIS en_US
dc.description.abstract Permainan teka-teki silang merupakan permainan kata yang sudah populer di seluruh dunia. Permainan ini dimainkan untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan daya berpikir. Selain digunakan sebagai media rekreasi, permainan teka-teki silang pun dapat digunakan pada bidang pendidikan sebagai variasi soal latihan, ulangan, bahkan ujian. Tahap membangkitkan permainan teka-teki silang dinilai melelahkan dan merupakan kegiatan yang kompleks bagi manusia. Digunakan bantuan komputer untuk membangkitkan permainan teka-teki silang yang dinilai mampu membantu proses pembangkitan menjadi lebih cepat dan mudah. Proses pembangkitan permainan teka-teki silang dapat dipandang sebagai sebuah search problem. Dengan konsep pencarian, dilakukan percobaan dalam membangkitkan teka-teki silang pada beberapa pendekatan. Terdapat pendekatan exhaustive search yang menghasilkan kasus uji yang dinilai buruk, pendekatan dengan pencarian lokal particle swarm optimization yang dinilai menghasilkan fungsi fitness baik pada hasil namun sulit pada tahap pemodelan, dan pendekatan pencarian lokal hill climbing random-restart yang menjadi dasar pendekatan perangkat lunak dibangun pada penelitian ini. Dengan pendekatan hill climbing random-restart, perangkat lunak dibangun, diuji kebenaran fungsionalnya, dan dilakukan eksperimen untuk mendapatkan nilai parameter yang baik sehingga menghasilkan output berupa papan permainan teka-teki silang dengan fungsi fitness yang baik. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa parameter-parameter seperti jumlah input kata, jumlah titik start, jumlah iterasi, dan besarnya papan permainan yang dibangkitkan dapat mempengaruhi nilai fungsi fitness dan waktu komputasi. Hasil keluaran perangkat lunak akan mencapai suatu local maxima, karena pendekatan yang digunakan dalam membangkitkan papan teka-teki silang adalah hill climbing random-restart. Walaupun dipandang sebagai local maxima, output perangkat lunak sudah menyerupai permainan teka-teki silang pada umumnya yang mana ditemukan banyak kata yang berpotongan dengan kata lain. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject teka-teki silang en_US
dc.subject local search en_US
dc.subject hill climbing en_US
dc.subject local maxima en_US
dc.title Pembangkit teka-teki silang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014730032
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account