Abstract:
Futsal merupakan salah satu permainan atau olahraga yang populer dan sering dimainkan. Tujuan dari permainan ini ialah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan, dan mencegah lawan agar tidak mencetak gol. Untuk mempermudah memahami strategi pada permainan futsal dapat digunakan simulator. Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan simulator permainan futsal dengan konsep sistem multi agen. Sistem multi agen digunakan karena pada permainan futsal terdiri dari banyak pemain. Masing-masing pemain merepresentasikan sebuah agen yang mempunyai kendali terhadap aksi yang dilakukan.
Simulator yang dikembangkan mampu menampilkan simulasi permainan futsal berdasarkan susunan formasi dan durasi waktu yang ditetapkan. Susunan formasi yang dapat dipilih pengguna yaitu formasi 2-2 dan formasi 1-3. Untuk setiap susunan formasi, dapat dilakukan pengaturan kecerdasan agen yang berbeda-beda. Lapangan disusun atas beberapa region. Pada tiap region memiliki nilai bobot yang akan bertambah jika terdapat pemain yang berada pada region tersebut. Koordinasi yang terjadi sesama pemain dilakukan dengan mencari bobot nilai region terkecil, yang menandakan region tersebut merupakan region yang terbaik. Pembuatan perangkat lunak menggunakan kakas Greenfoot yang menggunakan bahasa pemrograman Java. Dari hasil pengujian fungsional dapat disimpulkan bahwa simulator sudah berjalan dengan benar.
Pada skripsi ini juga telah dilakukan sejumlah eksperimen untuk mengetahui pengaruh strategi (formasi dan radius sensor) yang diambil oleh suatu tim terhadap kinerja dari tim tersebut. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil eksperimen adalah untuk mendapatkan peluang jumlah menang yang maksimal, tergantung dari radius sensor yang dimiliki oleh agen. Semakin besar nilai radius sensor agen, maka persepsi yang dimiliki agen semakin luas.