Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk membuat sebuah perangkat lunak permainan kuno dari Hawaii
yaitu Konane. Permainan ini cukup menarik untuk dimainkan. Pada saat skripsi ini ditulis,
sudah jarang ditemukan perangkat lunak untuk permainan ini. Hal ini membuat penulis
merasa perlunya membuat perangkat lunak permainan Konane ini agar masyarakat dapat
memainkannya pada media komputer. Penulis mengunakan Bahasa Pemrograman Java dan
arsitektur MVC (Model View Controller) dalam membangun perangkat lunak Konane. Setelah
itu penulis melakukan pengujian fungsionalitas terhadap fitur-fitur yang terdapat di perangkat
lunak Konane. Tahap selanjutnya penulis melakukan pengujian beta dengan menguji aplikasi
ini kepada pengguna dan memberi kuesioner tentang aplikasi tersebut. Hasil dari kuesioner
yang disebarkan perangkat lunak yang dibuat dapat dilihat 88% penguna bisa dengan gampang
menggunakan perangkat lunak tersebut.