Abstract:
Permainan congklak adalah permainan tradisional yang ada di Indonesia. Pada skripsi ini dibuat
perangkat lunak komputer untuk mensimulasikan permainan congklak. Algoritma minimax
digunakan untuk mencari langkah optimal pada permainan congklak. Namun pencarian secara
sekuensial terbilang sangat lama, maka dibuatlah pencarian secara paralel. Dengan algoritma
minimax secara paralel diharapkan dapat mempercepat waktu pencarian langkah optimal.
Tujuan dari skripsi ini adalah mambandingkan kecepatan algoritma minimax secara sekuensial
dan secara paralel.
Berdasarkan hasil pengujian fungsional, algoritma minimax secara sekuensial dan secara
paralel pada permaian congklak dapat diimplementasikan dengan baik ke dalam perangkat lunak
dan menghasilkan langkah optimal dari kasus yang diberikan. Sedangkan, berdasarkan hasil
pengujian ekperimen dengan membandingkan kecepatan algoritma minimax secara sekuensial
dan secara paralel dengan kasus yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa algoritma minimax
secara paralel lebih cepat 44.5% dalam melakukan pencarian langkah optimal. Semakin besar
data yang dibangkitkan dan batasan yang diberikan, semakin terlihat pula efisiensi algoritma
minimax secara paralel.