Abstract:
Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai produk adalah dari kemasan. Kemasan produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen dan sekaligus dapat dipergunakan sebagai salah satu cara untuk marketing, oleh karenanya merancang kemasan produk yang baik akan sangat berguna untuk meningkatkan nilai dan daya saing produk. Masalah rancangan kemasan produk dihadapi oleh UMKM binaan KADIN Kota Bandung, seiring dengan semakin tingginya tingkat persaingan produk khususnya makanan, sehingga perlu untuk membuat kemasan produk yang baik dan mengena pada tujuan.
Fokus pada pengabdian ini adalah pemberian workshop untuk memberikan pengetahuan tentang kemasan yang baik dan sesuai dengan standar SNI serta pendampingan pembuatan kemasan produk bagi UMKM yang bergerak di produk makanan. Target luaran adalah rancangan kemasan produk bagi beberapa UMKM terpilih.
Pengabdian diusulkan untuk dilaksanakan selama 10 bulan dari bulan Februari sampai November 2017 dengan total dana sebesar Rp 15.000.000,-