Pelatihan Guru Fisika 2018: Inovasi pembelajaran Fisika dalam bidang teknologi digital “Menyongsong Revolusi Industri 4.0”

Show simple item record

dc.contributor.author Suryantari, Risti
dc.contributor.author Gunawidjaja, Philips Nicolas
dc.contributor.author Sutanto, Sylvia Hastuti
dc.contributor.author Primulando, Reinard
dc.contributor.author Flaviana
dc.date.accessioned 2019-01-14T01:45:43Z
dc.date.available 2019-01-14T01:45:43Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7261
dc.description.abstract Perkembangan IPTEK yang sangat cepat, membuat para guru dituntut untuk memiliki wawasan dan kreatifitas yang tinggi untuk mata pelajaran yang diajarkannya. Salah satu perkembangan IPTEK adalah teknologi digital yang semakin maju dalam berbagai bidang, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi digital menjadi hal yang tidak asing bagi anak muda dan masyarakat. Bahkan pengetahuan bagaimana cara kerja dan pemahaman konsep teknologi digital masuk ke dalam kurikulum fisika tingkat SMA. Program studi fisika menyelenggarakan kegiatan pengabdian berupa Pelatihan Guru Fisika (PGF) berbasis perkembangan IPTEK dengan memusatkan perhatian pada bidang ‘teknologi digital’. Dalam teknologi digital, pemahaman mengenai konsep dasar, cara kerja, aplikasi, dan pengembangannya, diperlukan dalam rangka memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada peserta didik, untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat. Dalam PGF 2018, para guru diajak untuk berinovasi, dengan materi pelatihan yang inovatif meliputi konsep dasar, perakitan alat, dan wawasan lainnya untuk dapat diterapkan di kelas saat mengajar. Topik PGF 2018 meliputi: (1) Pengantar tentang konsep digital, (2) design thinking dan 3D Printing, (3) Scratch for Arduino (S4A) dan perakitan robot sederhana, serta (4) teknologi digital dalam kurikulum nasional dan ragam metode pembelajaran pada topik teknologi digital. Narasumber berasal dari dalam dan luar UNPAR. Berdasarkan angket, presentasi peserta yang menilai materi yang diberikan kegiatan ini dalam skala sangat baik-baik adalah 95%. Sebanyak 89% berkomitmen untuk menerapkan materi yang didapat pada pelatihan ini di sekolah, selebihnya terkendala karena tidak mengajar di kelas XII. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.relation.ispartofseries Community Service Reports - Engineering Science;2018
dc.subject PELATIHAN GURU FISIKA en_US
dc.subject TEKNOLOGI DIGITAL en_US
dc.subject INOVASI PEMBELAJARAN en_US
dc.title Pelatihan Guru Fisika 2018: Inovasi pembelajaran Fisika dalam bidang teknologi digital “Menyongsong Revolusi Industri 4.0” en_US
dc.type Community Service Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account