Abstract:
Perkembangan IPTEK yang sangat cepat, membuat para guru dituntut untuk memiliki wawasan dan kreatifitas yang tinggi untuk mata pelajaran yang diajarkannya. Salah satu perkembangan IPTEK adalah teknologi digital yang semakin maju dalam berbagai bidang, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi digital menjadi hal yang tidak asing bagi anak muda dan masyarakat. Bahkan pengetahuan bagaimana cara kerja dan pemahaman konsep teknologi digital masuk ke dalam kurikulum fisika tingkat
SMA. Program studi fisika menyelenggarakan kegiatan pengabdian berupa Pelatihan Guru Fisika (PGF) berbasis perkembangan IPTEK dengan memusatkan perhatian pada bidang ‘teknologi digital’. Dalam teknologi digital, pemahaman mengenai konsep dasar, cara kerja, aplikasi, dan pengembangannya, diperlukan dalam rangka memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada peserta didik, untuk dapat
menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat. Dalam PGF 2018, para guru diajak untuk berinovasi, dengan materi pelatihan yang inovatif meliputi konsep dasar, perakitan alat, dan wawasan lainnya untuk dapat diterapkan di kelas saat mengajar. Topik PGF 2018 meliputi: (1) Pengantar tentang konsep digital, (2) design thinking dan 3D Printing, (3) Scratch for Arduino (S4A) dan perakitan robot sederhana, serta (4)
teknologi digital dalam kurikulum nasional dan ragam metode pembelajaran pada topik teknologi digital. Narasumber berasal dari dalam dan luar UNPAR. Berdasarkan angket, presentasi peserta yang menilai materi yang diberikan kegiatan ini dalam skala sangat baik-baik adalah 95%. Sebanyak 89% berkomitmen untuk menerapkan materi yang didapat pada pelatihan ini di sekolah, selebihnya terkendala karena tidak mengajar di kelas XII.