Abstract:
Persaingan yang terjadi dalam industri jasa pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, semakin ketat. Pengelola perguruan tinggi perlu lebih memahami jenis aktivitas layanan perguruan tingginya dengan baik agar mengetahui jenis aktivitas· layanan yang perlu menjadi prioritas perhatian dan menjadi perhatian mahasiswa. Oleh karena itu, pemahaman secara mendalam terhadap hubungan antara jenis aktivitas layanan ini dengan reputasi, persepsi kualitas, persepsi nilai, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, dan kesetiaan mahasiswa menjadi sangat penting dewasa inL Pengelola perguruan tiriggi harus menjaga agar mahasiswa yang telah dimiliki saat ini setia, selain tetap berusaha untuk mencari mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif aktivitas layanan website, komputer, jaringan internet, administrasi akademik, dosen, gedung, ruang kelas, parkir, perpustakaan, dan toilet terhadap persepsi kualitas. Selain itu, studi ini juga berusaha untuk membuktikan apakah ada pengaruh positif reputasi perguruan tinggi terhadap persepsi kualitas, persepsi nilai, dan kesetiaan mahasiswa. Selanjutnya yaitu qntuk menguji apakah ada pengaruh positif persepsi kualitas terhadap kepercayaan mahasiswa, kepuasan mahasiswa, kesetiaan mahasiswa, dan persepsi niiaL Berikutnya yaitu untuk menguji apakah ada pengaruh positif persepsi nilai terhadap kepuasan mahasiswa dan kesetiaan mahasiswa. Lalu, pengaruh positif kepuasan mahasiswa terhadap kepercayaan mahasiswa dan keseti~ mahasiswa. Terakhir, untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif kepercayaan mahasiswa terhadap kesetiaan mahasiswa. Sam pel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan dari tujuh fakultas berbeda, yaitu Ekonomi, Hukum, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Teknologi Industri, Ilmu Sosial dan Politik, dan Filsafat. Sampel berjumlah 451 orang mahasiswa berhasil diperoleh dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar data empiris dalam penelitian ini memberi dukungan adanya pengaruh signifikan layanan website, administrasi akademik, parkir, dan toilet, serta reputasi perguruan tinggi terhadap persepsi kualitas. Demikian pula, ada pengaruh signifikan persepsi kualitas dan reputasi perguruan tinggi terhadap persepsi nilai, juga pengaruh signifikan persepsi kualitas dan persepsi nilai terhadap kepuasan mahasiswa. Studi ini juga nienemukan adanya pengaruh signifikan persepsi kualitas dan kepuasan mahasiswa terhadap kepercayaan mahasiswa. Ditemukan pula adanya pengaruh signifikan reputasi perguruan tinggi, kepuasan mahasiswa, dan kepercayaan mahasiswa terhadap kesetiaan mahasiswa. Sebaliknya, studi ini tidak menemukan ada pengaruh signiftkan layanan komputer, internet, dosen, gedung, ruang kelas, dan perpustakaan terhadap persepsi kualitas. Demikian pula, tidak ditemukan adanya pengaruh signifikan persepsi kualitas dan persepsi nilai terhadap kesetiaan mahasiswa.