dc.description.abstract |
Saat ini perkembangan dunia usaha meningkat pesat, terlihat dari semakin
menjamurnya usaha baru di Indonesia. Perkembangan tersebut menyebabkan konsumen
semakin memiliki kebebasan untuk memilih produk yang diinginkannya. Produk dengan
kualitas terbaik dan juga memiliki harga yang kompetitif tentunya akan menjadi incaran
konsumen. Salah satu aspek utama yang dilihat oleh konsumen dalam memilih produk yang
di konsumsi adalah aspek kualitas. Oleh karena itu perusahaan sebaiknya fokus terhadap
kualitas produk yang dimilikinya, analisis terhadap biaya kualitas merupakan salah satu upaya
yang dapat dilakukan oleh perusahaan.
PT. Mugabe yang bergerak di bidang konveksi juga ikut terkena dampak
ketatnya persaingan tersebut. Saat ini PT. Mugabe masih memiliki permasalahan mengenai
kualitas produk dan belum optimalnya biaya yang dikeluarkan untuk meningkatkan kualitas.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan analisis biaya kualitas
untuk meningkatkan profitabilitas di PT. Mugabe. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan
keuangan bulanan PT. Mugabe Tahun 2017. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif.
Hasil dari analisis biaya kualitas memiliki peranan penting bagi perusahaan
mengenai informasi komposisi biaya kualitas di perusahaan, yang dapat membantu
mengarahkan manajemen dalam melakukan kegiatan pengendalian kualitas dan mengetahui
kekurangan yang dimiliki perusahaan. Besarnya biaya kualitas, dengan 36% komposisinya
merupakan biaya kegagalan, menggambarkan bahwa buruknya kualitas produk yang sampai
dipasaran sehingga menimbulkan kekecewaan pada konsumen, yang memiliki dampak
langsung pada penurunan penjualan serta laba di perusahaan. Dari pemaparan di atas, terlihat
bahwa dalam hal ini perusahaan perlu mengambil tindakan untuk memperbaiki kegiatan
pengendalian kualitas.
Dari pemaparan diatas, terlihat bahwa dalam hal ini perusahaan perlu
mengambil tindakan untuk memperbaiki kegiatan pengendalian kualitas. Perusahaan harus
meningkatkan kegiatan pencegahan, karena kegiatan ini merupakan faktor utama dalam
menghindari timbulnya biaya – biaya lain. Selain itu dengan kegiatan pencegahan yang baik,
perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kredibilitasnya dengan menghasilkan kualitas
produk yang baik di pasaran, sehingga akan berdampak positif pada profitabilitas perusahaan. |
en_US |