Penilaian pengendalian internal pada siklus penjualan untuk mengurangi fraud risk : studi kasus pada PT. Indocare Pacific

Show simple item record

dc.contributor.advisor Manurung, Elizabeth Tiur
dc.contributor.author Liemartha, Jessica
dc.date.accessioned 2018-10-25T04:25:26Z
dc.date.available 2018-10-25T04:25:26Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36234
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7036
dc.description 23135 - FE
dc.description.abstract Setiap perusahaan pasti menginginkan kegiatan operasionalnya dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Agar hal itu dapat tercapai, perusahaan harus memiliki pengendalian internal yang baik. Pengendalian internal tidak terbatas hanya untuk perusahaan besar saja, namun perusahaan yang kecil pun harus menerapkan pengendalian internal supaya kegiatan operasionalnya dapat berjalan dengan baik. Pengendalian internal juga harus dirancang sebaik mungkin agar dapat sejalan dengan tujuan perusahaan dan perkembangan ekonomi secara global. Pengendalian internal sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar dapat mencegah, mendeteksi, dan mengatasi kemungkinan terjadinya fraud (kecurangan). Penulis melakukan penilaian pengendalian internal yang diterapkan oleh perusahaan pada siklus penjualan. Siklus penjualan merupakan salah satu siklus yang memiliki peran penting bagi perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya. Siklus penjualan berhubungan dengan konsumen yang dapat meningkatkan laba perusahaan serta menghasilkan pendapatan yang akan digunakan untuk keperluan aktivitas operasi perusahaan dan berpengaruh pada keberlangsungan hidup suatu perusahaan. Oleh karena itu, pengendalian internal pada siklus penjualan sangatlah penting bagi perusahaan agar aktivitas penjualan di setiap cabang dapat terpantau dengan baik dan berjalan dengan lancar, sehingga risiko terjadinya kecurangan dapat teridentifikasi dan dapat dikurangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang relevan, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis berupa penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Penelitian lapangan tersebut berupa kuesioner, wawancara, dan observasi kepada pihak yang terkait dengan siklus penjualan. Objek dari penelitian ini adalah PT Indocare Pacific yang bergerak di bidang Support Services terutama pada Hygiene Service yang berpusat di Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa PT Indocare Pacific telah melakukan penerapan pengendalian internal pada siklus penjualan secara efektif. Sebagai contoh perusahaan telah memiliki CCTV di setiap gudang dan selalu melaksanakan stock opname secara berkala. Keefektifan tersebut dinilai berdasarkan dari lima komponen pengendalian internal yaitu: lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan pengendalian internal yang teridentifikasi, tetapi kelemahan tersebut tidak signifikan. Namun, pengendalian internal tersebut belumlah sempurna sehingga penulis memberikan beberapa saran untuk menyempurnakan pengendalian internal perusahaan. Saran yang dimaksud adalah perusahaan mewajibkan seluruh pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan cara transfer, auditor internal melakukan cross-check secara rutin ke setiap cabang, dan perusahaan melakukan rotasi wilayah untuk bagian branch manager. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject pengendalian internal en_US
dc.subject siklus penjualan en_US
dc.subject fraud risk en_US
dc.title Penilaian pengendalian internal pada siklus penjualan untuk mengurangi fraud risk : studi kasus pada PT. Indocare Pacific en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014130228
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425016101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account