Pekerjaan sekretaris perusahaan pada PT. Agro Jabar (Badan Usaha Milik Daerah) di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Septina, Nina
dc.contributor.author Sari, Anita Puspita
dc.date.accessioned 2018-10-01T08:15:35Z
dc.date.available 2018-10-01T08:15:35Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 9115010
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6944
dc.description 662 - PDTM en_US
dc.description.abstract Penulis melakukan praktik kerja di PT Agro Jabar (BUMD) yang berlokasi di Jl. Tubagus Ismail Depan No. 1A Bandung. Penulis melakukan praktik kerja sebagai Sekretaris Perusahaan. Pelaksanaan praktik kerja mulai tanggal 4 Desember 2017 sampai dengan 2 Februari 2018 selama 36 hari yang setara dengan 288 jam kerja. Penulis melakukan praktik kerja 5 (lima) hari dalam seminggu yang dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Pada pelaksanaan praktik kerja, penulis melakukan beberapa pekerjaan antara lain : (i) Membuat surat keluar, (ii) Membuat rekapitulasi surat keluar di buku agenda surat keluar, (iii) Membuat rekap surat keluar secara digital menggunakan Microsoft Excel, (iv) Membuat lembar disposisi untuk surat masuk, (v) Membuat rekapitulasi surat masuk di buku agenda surat masuk, (vi) Membuat rekap surat masuk secara digital menggunakan Microsoft Excel, (vii) Membuat agenda mingguan untuk kegiatan direksi secara manual pada white board ruangan Sekretaris Perusahaan, dan (viii) Membuat agenda kegiatan direksi bulanan secara digital menggunakan Microsoft PowerPoint. Pekerjaan yang dilakukan penulis selama praktik kerja sudah relevan dengan teori, kemudian selama melakukan praktik kerja penulis mengalami beberapa masalah saat mengerjakan tugas antara lain : (i) Komputer tidak tersambung dengan komputer lain, (ii) Komputer banyak virus mengakibatkan lambat saat proses pengambilan data, (iii) Penulis Tidak Mendapat ID Card dan (iv) Penyimpanan berkas kurang rapih. Setelah melakukan praktik kerja, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembuatan surat masuk sudah baik secara sistematis, Rekap surat keluar dan Surat masuk di buku agenda sudah baik dan mempermudah untuk pengambilan nomor surat selain dalam file, dapat membuat rekap surat keluar dan surat masuk secara digital menggunakan Microsoft Excel sehingga mempermudah pengambilan surat dimasa yang akan datang, telah dapat membuat lembar disposisi untuk surat masuk, dan lembar disposisi pada PT Agro Jabar (Badan Usaha Milik Daerah) sudah baik dalam distribusi sesuai instruksi dari Direktur Utama ke bagian lain, dapat memahami cara membuat agenda kegiatan direksi mingguan dan agenda direksi secara mingguan sudah baik sehingga memudahkan dalam melaksanakan agenda perhari dalam seminggu, dan penulis telah dapat mengerti cara membuat agenda kegiatan direksi bulanan secara digital menggunakan Microsoft PowerPoint, pembuatan agenda direksi PT Agro Jabar sudah cukup baik sehingga dapat memudahkan pengambilan agenda direksi dimasa yang akan datang. Kemudian penulis dapat memberikan saran antara lain : Menyambungkan komputer perbagian atau dibuatkan google drive agar mempermudah akses pengambilan data oleh semua bagian, mencarikan teknisi untuk dapat cek rutin komputer Sekretaris Perusahaan sehingga virus dan kendala yang dapat membuat kinerja komputer lambat, memberikan ID Card sementara bagi mahasiswa praktik kerja agar mempermudah akses melalui pintu Sekretaris Perusahaan, data yang sudah tidak dibutuhkan dapat dimusnahkan lalu jika dibutuhkan dapat dibuatkan lemari penyimpanan agar berkas tidak menumpuk terlalu banyak di sebelah meja komputer. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar en_US
dc.title Pekerjaan sekretaris perusahaan pada PT. Agro Jabar (Badan Usaha Milik Daerah) di Bandung en_US
dc.type Final Reports (Diploma) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account