Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja di PT Agro Jabar (BUMD) yang berlokasi di Jl.
Tubagus Ismail Depan No. 1A Bandung. Penulis melakukan praktik kerja sebagai
Sekretaris Perusahaan. Pelaksanaan praktik kerja mulai tanggal 4 Desember 2017 sampai
dengan 2 Februari 2018 selama 36 hari yang setara dengan 288 jam kerja. Penulis
melakukan praktik kerja 5 (lima) hari dalam seminggu yang dimulai pada pukul 08.00
sampai dengan pukul 17.00 WIB.
Pada pelaksanaan praktik kerja, penulis melakukan beberapa pekerjaan antara lain :
(i) Membuat surat keluar, (ii) Membuat rekapitulasi surat keluar di buku agenda surat
keluar, (iii) Membuat rekap surat keluar secara digital menggunakan Microsoft Excel, (iv)
Membuat lembar disposisi untuk surat masuk, (v) Membuat rekapitulasi surat masuk di
buku agenda surat masuk, (vi) Membuat rekap surat masuk secara digital menggunakan
Microsoft Excel, (vii) Membuat agenda mingguan untuk kegiatan direksi secara manual
pada white board ruangan Sekretaris Perusahaan, dan (viii) Membuat agenda kegiatan
direksi bulanan secara digital menggunakan Microsoft PowerPoint. Pekerjaan yang
dilakukan penulis selama praktik kerja sudah relevan dengan teori, kemudian selama
melakukan praktik kerja penulis mengalami beberapa masalah saat mengerjakan tugas
antara lain : (i) Komputer tidak tersambung dengan komputer lain, (ii) Komputer banyak
virus mengakibatkan lambat saat proses pengambilan data, (iii) Penulis Tidak Mendapat
ID Card dan (iv) Penyimpanan berkas kurang rapih.
Setelah melakukan praktik kerja, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembuatan
surat masuk sudah baik secara sistematis, Rekap surat keluar dan Surat masuk di buku
agenda sudah baik dan mempermudah untuk pengambilan nomor surat selain dalam file,
dapat membuat rekap surat keluar dan surat masuk secara digital menggunakan Microsoft
Excel sehingga mempermudah pengambilan surat dimasa yang akan datang, telah dapat
membuat lembar disposisi untuk surat masuk, dan lembar disposisi pada PT Agro Jabar
(Badan Usaha Milik Daerah) sudah baik dalam distribusi sesuai instruksi dari Direktur
Utama ke bagian lain, dapat memahami cara membuat agenda kegiatan direksi mingguan
dan agenda direksi secara mingguan sudah baik sehingga memudahkan dalam
melaksanakan agenda perhari dalam seminggu, dan penulis telah dapat mengerti cara
membuat agenda kegiatan direksi bulanan secara digital menggunakan Microsoft
PowerPoint, pembuatan agenda direksi PT Agro Jabar sudah cukup baik sehingga dapat
memudahkan pengambilan agenda direksi dimasa yang akan datang. Kemudian penulis
dapat memberikan saran antara lain : Menyambungkan komputer perbagian atau
dibuatkan google drive agar mempermudah akses pengambilan data oleh semua bagian,
mencarikan teknisi untuk dapat cek rutin komputer Sekretaris Perusahaan sehingga virus
dan kendala yang dapat membuat kinerja komputer lambat, memberikan ID Card
sementara bagi mahasiswa praktik kerja agar mempermudah akses melalui pintu
Sekretaris Perusahaan, data yang sudah tidak dibutuhkan dapat dimusnahkan lalu jika
dibutuhkan dapat dibuatkan lemari penyimpanan agar berkas tidak menumpuk terlalu
banyak di sebelah meja komputer.