Abstract:
Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan prasarana transportasi udara komersial yang
terdapat di Pulau Bali. Keselamatan penerbangan dapat terwujud dari penyelenggaraan penerbangan
yang lancar sesuai dengan prosedur operasi dan persyaratan kelaikan teknis terhadap sarana dan
prasarana penerbangan beserta penunjangnya. Studi ini mengkaji penerapan pemeliharaan perkerasan
landasan pacu Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang selama ini telah dilakukan oleh PT.
Angkasa Pura I Cabang Bali, berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP
94 Tahun 2015, Tentang Pedoman Program Pemeliharaan Konstruksi Perkerasan Bandar Udara. Metode
penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan pengolahan data lapangan. Studi ini membahas
kekesatan perkerasan dan pembersihan endapan karet pada perkerasan landasan pacu, serta perbaikan
kerusakan pada perkerasan landasan pacu. Data yang ada menunjukkan bahwa seluruh bagian landasan
pacu memiliki angka kekesatan melebihi angka minimum yang dipersyaratkan, yaitu 0,5 mm/km.
Landasan pacu 27 hingga 1.000 meter ke arah Barat memiliki angka kekesatan yang paling kecil,
sedangkan landasan pacu 09 hingga 1.000 m ke arah Timur memiliki angka kekesatan yang paling besar.