Analisis faktor-faktor orientasi religius jemaat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi Mingguan : studi pemasaran Gereja di Keuskupan Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.author Junianto, Pilifus
dc.date.accessioned 2018-08-27T08:31:01Z
dc.date.available 2018-08-27T08:31:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other tes1880
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6747
dc.description.abstract Pemasaran merupakan serangkaian kegiatan manajemen dari organisasi tertentu sehingga bisa menyampaikan produk/jasa kepada individu/kelompok tertentu. Di dalam penelitian ini akan dipaparkan teknik pemasaran Gereja. Di sini berlangsung proses analisis, perencanaan, dan pengelolaan antar Gereja dan jemaat, di mana itu saling berkelindan. Proses pertukaran antara misi Gereja dan upaya pemenuhan kebutuhan jemaat. Lebih lanjut penelitian ini mencoba menerapkan teknik pemasaran yang dikaitkan dengan orientasi religius jemaat (orientasi internal, orientasi eksternal personal, orientasi eksternal sosial), seni merayakan ekaristi / Ars celebrandi (katekese dan pengajaran liturgis, kesetiaan pada norma-norma, Kristus sang selebran utama, imam sebagai alter Christi, rasa keterpesonaan), dan bauran pemasaran gereja (akses, program, komunikasi, kontribusi). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 924 jemaat sebagai responden yang hadir di Gereja Keuskupan Bandung. Data diolah menggunakan SPSS 23 dengan analisis crosstabulation, dikombinasikan software SmartPLS 3 dan WarpPLS 5.0 dengan analisis PLS SEM. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui hubungan antara orientasi religius jemaat, bauran pemasaran gereja, dan seni merayakan ekaristi terhadap kehadiran jemaat dalam Perayaan Ekaristi Mingguan. Hasilnya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan semua hipotesis diterima, yakni: 1) Orientasi religius berpengaruh pada ketertarikan jemaat dalam Perayaan Ekaristi Mingguan. 2) Bauran pemasaran Gereja berpengaruh pada terhadap faktor orientasi religius responden untuk hadir di Misa Minggu. 3) Ars celebrandi berpengaruh pada terhadap faktor orientasi religius responden untuk hadir di Misa Minggu. 4) Ketertarikan untuk Misa Minggu berpengaruh terhadap kehadiran responden untuk mengikuti Misa Minggu. en_US
dc.publisher Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject orientasi religius en_US
dc.subject bauran pemasaran gereja en_US
dc.subject seni merayakan ekaristi en_US
dc.subject kehadiran en_US
dc.title Analisis faktor-faktor orientasi religius jemaat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi Mingguan : studi pemasaran Gereja di Keuskupan Bandung en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015811028
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account