Abstract:
Pengembangan produk baru (New Product Development) diperlukan untuk membuat product life cycle yang berkesinambungan. Inovasi ini harus didukung oleh proses analisis kreatif mendalam agar produk dapat diterima saat diluncurkan ke pasar. Solusi terbaik yang ditawarkan adalah manajemen inovasi untuk melakukan pengembangan produk baru di perusahaan dalam bentuk co-creation dan breakthrough produk yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Metode inovatif yang akan digunakan adalah metode Stage-Gate®. Pada metode ini evaluasi proyek dilakukan secara terukur dan bertahap untuk meminimalkan risiko peluncuran produk baru dari ketidakpastian dan membuat penggunaan sumber daya menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode Stage-Gate® pada inovasi produk kopi celup manis. Produk merupakan minuman kopi Arabika dengan pemanis alami yaitu gula Stevia. Hasil yang didapatkan dalam peluncuran produk ini adalah pada setiap pengembangan produk baru, maupun diversifikasi produk yang telah ada, dapat dikembangkan melalui co-creation pada product life cyle-nya dengan menerapkan metode Stage-Gate® yang dikombinasikan menggunakan perlengkapan (tools) lain seperti value proposition canvas dan business model canvas. Dengan menerapkan metode Stage-Gate® ini terlihat gambaran dari strategi bisnis yang terukur dan dapat dievaluasi secara bertahap, sehingga dapat mengurangi risiko dari kegagalan produk di pasaran dan memaksimalkan penggunaan sumber daya secara lebih efektif dan efisien. Pengembangan produk kopi celup manis ini juga dapat dilakukan dengan penggunaan sumber daya yang minimal, yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen, serta telah memiliki pasar potensial sejak awal produk ditawarkan.
Description:
Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Riset Multidisiplin 2018. Universitas Tarumanagara. Jakarta, Indonesia, 23-24 Maret 2018.